EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DISERTAI DEMONTRASI SECARA VIRTUAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI ANAK KELAS 5 SD
Abstract
Abstrak
Latar Belakang: Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut adalah usaha terencana dan terarah untuk menciptakan suasana agar seseorang atau kelompok masyarakat mau mengubah perilaku lama yang kurang menguntungkan untuk kesehatan gigi, menjadi lebih menguntungkan untuk kesehatan giginya. Judul penelitian: Efektivitas Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Disertai Demontrasi Secara Virtual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Menyikat Gigi Anak Kelas 5 SD. Tujuan penelitian: untuk mengukur efektivitas penyuluhan metode ceramah disertai demonstrasi secara virtual terhadap pengetahuan menyikat gigi anak kelas 5 SD. Metode penelitian: metode penelitian dengan mengunakan metode quasi exsperiment. Sampel penelitian: anak-anak SD kelas 5 sebanyak 40 anak dengan teknik pengambilan sampel non random sampling. Hasil penelitian: Secara deskriptif penyuluhan dengan metode cemarah disertai demontrasi dapat meningkatkan pengetahuan responden cukup tinggi hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pengetahuan responden pada pre test adalah 7,2 (36% jawaban benar = tingkat pengetahuan rendah) sedangkan nilai rata-rata post test adalah 15,15 (75,75% jawaban benar= tingkat pengetahuan tinggi). Hasil secara statistik dengan menggunakan uji T test didapatkan hasil P-value = 0,000 dimana α<0,05, yang artinya terdapat perbedaan bermakna tingkat pengetahuan anak dari sebelum dibanding sesudah penyuluhan dengan ceramah disertai demontrasi secara virtual. Kesimpulan: penyuluhan dengan metode ceramah disertai demonstrasi efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang menyikat gigi anak kelas 5 SDN 127 Palembang secara signifikan.
Copyright (c) 2021 Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work